Cara Membuat Nasi Kebuli Daging Sapi yang Enak

Nasi Kebuli Daging Sapi. Ini dia ni nasi yang ga pernah bosan makannya, enak banget dan penuh rempah hehehe. Ayo buat yang pengen selingan selain nasi uduk bisa dibuat nasi kebuli. Video singkat berisi tutorial memasak NASI KEBULI DAGING SAPI MAGIC COM full penjelasan Valid oleh CHEF Salma !

Nasi Kebuli Daging Sapi Nasi kebuli is an Indonesian variation of pilaf. It consists of rice cooked in goat meat broth, goat milk, and clarified butter (most often ghee). Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menyiapkan Nasi Kebuli Daging Sapi hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Nasi Kebuli Daging Sapi!

Bahan Nasi Kebuli Daging Sapi

  1. 500 gram of daging sapi.
  2. 8 siung of bawang merah + 8 siung bawang putih, haluskan.
  3. 2 buah of tomat, haluskan.
  4. 2 batang of sereh, digeprek.
  5. 1 sachet of santan instan isi 65 mL.
  6. 1 sachet of bumbu kari instan.
  7. 1 sdt of jahe bubuk (kalo ga ada, 2 buah ruas jahe aja, dihalusin bareng bawang putih dan bawang merah).
  8. 1 sdt of ketumbar bubuk.
  9. 1/2 sdt of lada bubuk.
  10. 1 sdt of jintan bubuk.
  11. 1 batang of kayu manis atau 1 sdt bubuk kayu manis.
  12. 5 buah of kapulaga.
  13. 5 buah of cengkeh.
  14. 1 1/2 sdt of garam.
  15. 2 sdt of gula.
  16. 2 sdt of kaldu bubuk rasa sapi.

Dilengkapi Tips Cara Membuat Bumbu Nasi Kebuli Asli Khas Arab Timur Tengah Yang Enak Lezat, Bisa Juga Menggunakan Rice Cooker Lho. Kalau nasi kebuli sudah matang, sajikan resep terakhir bersama daging kambing goreng, acar mentimun, taburan bawang goreng, dan emping melinjo. Setelah itu masukkan potongan daging sapi, bumbu kebuli, merica, dan garam. Resep Nasi Kebuli - Nasi kebuli adalah salah satu kuliner khas Timur Tengah yang saat ini sudah popular di kalangan masyarakat Indonesia.

Langkah-langkah memasak Nasi Kebuli Daging Sapi

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe yang telah dihaluskan. Tambahkan sereh, kapulaga, kayu manis dan cengkeh. Masak hingga matang.
  2. Tambahkan tomat yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga lada bubuk, ketumbar, dan jinten. Masak hingga matang.
  3. Tambahkan 1,5 liter air. Masukkan juga daging. Aduk sebentar hingga mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, tambahkan santan dan bumbu kare instan. Tambahkan juga garam, gula, kaldu bubuk. Koreksi rasa.
  5. Aduk hingga daging empuk. Kalo ada presto, boleh dipindah ke presto ya. Aku sih pakek presto selama 45 menit sampai daging empuk.
  6. Cuci bersih beras (aku pakai 3 canting kaleng susu). Jika daging sudah empuk, matikan kompor. Pisahkan daging dari kuah kari. Masukkan kuah ke dalam wadah rice cooker. Pastikan takaran airnya sedikit lebih banyak dari air biasa masak nasi ya krn kan airnya mengandung minyak. Kalo kurang banyak, tambahkan air, tambahkan bumbu kare instan, garam gula dan kaldu bubuk. Cek rasa.
  7. Sementara nasi masak, goreng daging sapi. Sebentar aja biar ga gosong..
  8. Jika nasi sudah masak, diaduk kemudian diamkan dulu selama 30 menit. Selanjutnya, sajikan bersama daging sapi. Boleh tambah irisan tomat dan timun. Tambahkan emping dan acar. Boleh juga pakek sambal goreng.

Menu makanan satu ini memiliki ciri khas sangat kaya rempah dan bewarna kekuningan. Biasanya disajikan dengan daging-dagingan dan bahan taburan. Lihat juga resep Nasi kebuli sapi rice cooker enak lainnya. Nasi kebuli identik dengan rasa gurih yang diperoleh dari santan, kaldu daging dan susu yang dimasak dengan aneka rempah. Nasi kebuli merupakan salah satu hidangan khas dari timur tengah.